September 23, 2011

Master 18

Judul : Master 18
Penulis : Soegeanto Tan
Editor : Rayendra L. Toruan
Penerbit : PT Elex Media Komputindo
Tebal : xxx + 394 halaman
Cetakan Pertama : September 2011
ISBN : 978-602-001-0816

Master 18 penuh dengan motivasi-motivasi yang sederhana namun penuh makna. Penulis membeberkan tips-tips agar kita menjadi MASTER dalam kehidupan kita. Yup.. Master,

seorang yang ahli di bidangnya dan juga ahli mengoptimalkan energi dalam dirinya secara terus-menerus buat kebaikan diri sendiri dan orang lain. Hal. 5
Tapi master di buku ini bukan hanya menjadi master biasa.. istimewanya adalah bagaimana caranya agar kita menjadi Fun Master. Dilengkapi dengan 18 jurus dari 6 level Fun Master, Penulis membantu kita agar kita bisa reborn, terlahir kembali menjadi seorang Fun Master.

6 level Master tersebut adalah Mindset, Attitude, Spirit, Talent, Energy dan Recycle. Uniknya, masing-masing level disajikan 3 jurus agar level tersebut bisa melalui dan menghasilkan sesuatu yang Fun. Contohnya pada level Attitude, di sini diberikan jurus sikap yang Fokus, tapi Unconventional, di mana semuanya harus di Navigasi dengan baik. Demikian juga dengan kelima level lainnya. Tentunya masing-masing level punya jurus sendiri-sendiri yang berbeda satu sama lainnya.

Sebuah keberhasilan tidak pernah terjadi secara tiba-tiba. Kesemuanya membutuhkan proses dan tahapan-tahapan yang harus dilalui agar kita menjadi berhasil. Yang saya suka dari buku ini adalah dari awal penulis mengajak kita untuk terlebih dulu mengatur mindset kita. Bagaimana pentingnya suatu impian, keinginan agar bisa benar-benar meresap di pikiran kita dan kita mulai merancang skema tahapan agar kita bisa maju ke depan. Berikutnya langkah yang diambil adalah bagaimana perilaku kita (attitude).
Sikap itu lebih penting daripada kepandaian, keahlian khusus dan keberuntungan. Hal.83
Sikap adalah ahli perpustakaan masa lalu kita, juru bicara masa sekarang kita dan nabi bagi masa depan kita. Hal. 92.
Demikian seterusnya, penulis mengupas kulit demi kulit dari sebuah atom kesuksesan. Setelah spirit, Anda masih akan menemui kulit atom Talent, bakat yang anda miliki dan Anda kembangkan dengan tepat. Lalu ada kulit atom Energy, dan Recycle. Kesemuanya diformulasikan dengan menyenangkan terlebih dengan font huruf yang cukup besar dan diselingi gambar, membuat saya betah membacanya.

Di dalam buku ini, penulis memberikan contoh Tokoh-tokoh Fun Master yang sudah akrab di telinga kita. Ada kisah semangatnya Agnes Monica, cerita tentang Thomas Alfa Edison, Michael Jordan, bahkan Penulis juga mencontohkan dari tokoh dalam cerita sebuah film. Inception, Star Wars, The Shawshank Redemption adalah beberapa contoh judul film yang bisa kita ambil sisi positifnya untuk membantu kita menjadi seorang FUN MASTER.

Anda bisa menemukan kisah Lance Amstrong, seorang juara Tour de France sebanyak 7 kali berturut-turut, padahal ia pernah divonis hanya memiliki tingkat peluang hidup sebesar 3%. Atau menemukan ceirta hidup Oprah Winfrey yang masa kecilnya tragis namun ia mampu bangkit dan menjadi lebih baik. Setelah membaca buku ini, Anda akan benar-benar termotivasi, setidaknya Anda akan disuplai dengan energi positif yang dikeluarkan penulis melalui buku ini.

Keunikan yang saya jarang temukan di buku motivasi lainnya adalah Trivia. Trivia di buku ini menceritakan pengetahuan-pengetahuan sederhana yang belum kita tahu tapi bermanfaat atau kadang menginspirasi kita. Seperti satu jurus kesuksesan Tiger Woods atau tentang pembuatan gaun pengantinnya Kate Middleton. :D

Sayangnya, masih ada beberapa typo dalam penulisan buku ini, diantaranya seperti Ke a rah : 189, menakjudkan : 211 dan 257, sopir2 : 146, Km2 : 190, Konggres : 193.
Di bagian awal cerita diceritakan sedikit tentang jet stream yang diakhir paragraf dituliskan kalimat “satu hal yang pasti : Anda dan saya tidak mengharapkan kejadian di atas”. Saya kurang setuju dengan pernyataan ini, tolong koreksi saya bila saya terbukti salah. Setahu saya, perlombaan balon udara malah seringnya memanfaatkan arus jet stream agar mereka (pengemudi balon) bisa mendapatkan energi yang besar. Bahkan beberapa waktu lalu, saya menonton siaran televisi yang menceritakan ada penerbang balon udara yang mampu mengelilingi dunia selama 18 hari berkat arus jet stream ini. Jadi menurut saya pribadi, jet stream tidaklah seseram yang diceritakan penulis di buku Fun Master ini.

Secara keseluruhan, buku motivasi ini menurut saya berhak mendapatkan 4/5 bintang. Terima kasih kepada pihak yang telah mengenalkan buku ini kepada saya. Saat ini saya sedang butuh motivasi untuk keluar dari zona aman saya, dan buku ini cocok banget untuk memotivasi saya agar menjadi lebih baik. :)
1 komentar on "Master 18"
  1. Terima kasih untuk ulasannya yang detil. Senang buku ini bisa memotivasi pembaca menjadi lebih baik secara FUN.

    Tetap FUN!

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,