Maret 25, 2012

Nyai Duesseldorf

Namanya Kinasih, seorang gadis pemetik daun teh dari Ciwidey, sebuah kota di Jawa-Barat. Kinasih adalah sosok gadis yang cantik lahir dan batin. Dia pintar, ramah, santun, pokoknya tipe wanita yang sanggup membuat hati pria berjedag jedug ria saking kagumnya. *tsaah.

dari http://didephotography.blogspot.com/2010/10/lanscape-of-kebun-teh-ciwidey-bandung.html

Di sekolah, Kinasih dikagumi guru karena prestasi dan kepintaran otaknya. Ini membuat Ardy, seorang pria pemilik sekolah besar di Ciwidey, penasaran dengan Kinasih. Pertemuan mereka membuat Ardy langsung jatuh hati dengan Kinasih, yang lebih suka dipanggil Nyai. Awal mulanya mereka berteman dan berpartner, Kinasih mengelola perpustakaan sekolah dan membantu Ardy dalam hal mencerdaskan anak-anak Ciwidey. Meningkatkan mutu pendidikan dan menyebarkan kesempatan bersekolah yang rata bahkan bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu sekalipun.

Cinta itu ada karena terbiasa, kata pepatah. Maka tumbuhlah bibit suka di antara mereka yang bersemi menjadi cinta. Sayangnya, kebahagiaan mereka tak kunjung bertahan lama. Bahkan bisa dibilang ada saja aral halangannya. Baik dari Ibunya Ardy yang gak rela anaknya suka sama orang desa, maupun dari Mark, seorang bule Jerman yang jatuh hati dengan Nyai.

Duesseldorf, dari wikitravel.org

Awal pertemuan Mark dengan Nyai sebenarnya terjadi jauh sebelum Nyai jatuh cinta dengan Ardy. Saat itu Nyai sempat menyukai Mark, tapi kehadiran Ardy ternyata sanggup merajai hati Nyai. Ketika Nyai bermasalah dengan hubungannya bersama Ardy, Mark selalu hadir dan memberikan dukungan moril kepada Nyai. Statusnya memang sahabat, tetapi sebagai sahabat yang sangat mencintai Nyai.

Lalu mengapa judulnya ‘Nyai Duesseldorf’? Nah, kisah si Nyai ini pada bagian prolog sebenarnya sudah mengantarkan pembaca ke Duesseldorf, tempat Mark berasal. Tetapi karena sebagian besar yang diceritakan adalah kisah Nyai di Ciwidey, saya rasa porsi keberadaan Nyai di Duesseldorf, sebagai judul utama, agak kurang. Tapi kehadiran konflik yang naik turun di cerita membuat pembaca cukup larut bahkan terus penasaran akan kisah cinta Nyai. Happy ending ngga ya, happy ending nggak ya.. *gitu terus pikirannya.

Meski tokoh Nyai menjadi si cewek yang sempurna, (nggak semua cewek bisa cantik luar dalam, loh) tapi kisah cintanya bisa dibilang tragis. Entahlah, mungkin memang benar bahwa kekuatan cinta itu bener-bener dahsyat, bisa membuat seseorang bertahan di tengah badai yang menerjang atau bahkan bisa membuat seorang berubah jadi setengah waras karena kehilangan orang yang kita cintai. Dan yang lebih kuat lagi diceritakan di buku ini, menurut saya adalah kekuatan Nyai sebagai seorang wanita.

Kekuatan Nyai mempertahankan cinta, mengusahakan pendidikan yang layak bagi anak-anak di kampungnya, serta bagaimana cara dia mengikhlaskan kenangan masa lalunya adalah hal-hal yang saya kagumi dari Nyai. Pemilihan tokoh utama dari kalangan bawah serta beberapa percakapan yang ada membuat buku ini memiliki pesan moral dan kritik sosial yang diusung secara langsung oleh penulis.


Lebih manis lagi karena novel ini dibundel juga dengan sebuah CD berisi 10 lagu yang dinyanyikan Yohanna Nainggolan dengan lagu pertama berjudul Hanya Untukmu, merupakan soundtrack dari kisah Nyai Duesseldorf.
  
Telah lama kita menahan pedih
Sakit ini, biarkan terkuak
Hati yang kini tinggal kepingan
Ingin tangisi hidup
Bersamamu

Nggak usah bersedih Nyai karena untukmu saya berikan 4 bintang!


Judul Buku  : Nyai Duesseldorf
Penulis  : Zeventina
Penyunting : Krisna Pabichara dan Tantrina Dwi A.
Penyelaras Aksara : Mery Riansyah
Penerbit : Imania
Cetakan Pertama : Desember 2011
Tebal : 402 halaman, paperback
4 komentar on "Nyai Duesseldorf"
  1. jadi si nyai di Duesseldorf ini sebagai flashback atau bagaimana ?
    *dibahas :)

    BalasHapus
  2. dari prolognya, aku rasa sih flashback, Mbak.. :)

    BalasHapus
  3. sayang banget ya kayak ada yang kurang di cerita ini. Ada lanjutannya ga ya? Kayaknya ga ya. -.-

    BalasHapus
  4. eh, ada terusannya kok Mer. katanya Teh Zev :D

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,