Juli 11, 2012

Kisah-kisah Cinta Terlarang Paling Dikenang Sepanjang Masa


Judul Buku : Kisah-kisah Cinta Terlarang Paling Dikenang Sepanjang Masa
Penulis : Anton WP
Layout isi : Yudhi Herwibowo
Penerbit : bukuKatta
Cetakan Pertama : 2012
ISBN : 978-979-1032-75-9



Banyak orang yang memiliki kisah cinta, tapi tak semua kisahnya tetap ada sepanjang masa. Sayangnya sepengetahuan saya, kisah cinta yang abadi ini biasanya berakhir tragis. Entah salah satu lakon utama meninggal, atau dua-duanya meninggal, atau yang lebih umum lagi, sebagian besar kisah mereka adalah cinta yang terlarang. Seperti enam kisah yang diceritakan kembali di buku ini...


pigeonpost.ca
Cerita pertama adalah kisah cinta Phyramus dan Thisbe. Meski rumah mereka bergandengan, tetapi orangtua mereka saling bermusuhan, sehingga cinta mereka menjadi sebuah cinta yang ditentang habis-habisan. Berbagi dinding kamar, menjadikan keduanya memiliki kesempatan untuk berencana kabur dari rumah dan mewujudkan impian cinta mereka berdua. Tapi takdir berkehendak lain, siapa sangka ide melarikan diri itu malah membawa mereka ke jurang kematian?

Paris dan Helen ada di cerita kedua. Siapa yang pernah menonton film Troy? Tentang sebuah kuda besar yang berisi banyak tentara Sparta memasuki benteng Troya yang sebenarnya hampir tak terkalahkan. Perang Troya ini berawal dari perebutan Helen antara Menelaus, Raja Sparta, dengan Paris, Pangeran Troya.

theodoragoss.files.wordpress.com
Berikutnya adalah Kisah Tristan dan Isolde atau sering juga disebut Tristan and Iseult. Tristan memenangkan Isolde dalam sebuah pertarungan perebutan calon suami. Awalnya Isolde bahagia karena ia sebenarnya sudah mengenal dan jatuh hati terhadap Tristan sejak lama. Tapi ternyata Tristan mewakili pamannya yang kemudian berhak menikahi Isolde. Hubungan Tristan dan Isolde kemudian berjalan diam-diam tanpa sepengetahuan Sang Paman. Sebaik-baiknya menutupi suatu kesalahan, lama-kelamaan akan terungkap juga. Maka Tristan pergi meninggalkan Isolde dan mengembara mencari cara untuk melupakannya.

Cerita keempat tentang kisah cinta Lancelot dan Guinevere. Seorang ksatria yang bertugas menjemput Calon Permaisuri rajanya, malah jatuh hati terhadap wanita tersebut. Setelah pernikahan Raja Arthur dan Guinevere, bukan berarti Lancelot berhenti mencinta. Hubungannya dengan Guinevere tetap berlangsung diam-diam, sampai suatu saat Raja Arthur memergoki mereka yang sedang bermesraan.

raminsoftworx.com
Paolo dan Francesca di cerita kelima sejujurnya baru kali ini saya baca, yang belakangan saya cari di Google dan menemukan banyak sekali referensi tentang kisah mereka. Francesca dijodohkan dengan Giovenni Malatesta oleh orang tuanya, tetapi satu hal yang tidak diketahui Francesca adalah bahwa calon suaminya buruk rupa. Agar Francesca mau menikah dengan Giovanni, disusunlah rencana yang melibatkan Paolo, adik Giovanni. Paolo ini dalam jangka waktu sampai pernikahan akan menggantikan peran Giovanni. Sayangnya Si Francesca malah bener-bener jatuh hati sama Paolo, maka shocklah dia ketika ia tahu seperti apa Giovanni yang sebenarnya.

Cerita terakhir ditutup dengan kisah Romeo dan Juliet. Perselisihan dan dendam antara Montague dan Capulet menyebabkan cinta mereka tak terestui, menjadikan cinta mereka berakhir tragis dalam bayang kota Verona.

Buku setebal 126 halaman ini habis dalam sekali baca. Cara penyampaiannya yang ringan dan ringkas membuat saya tak bisa berhenti menikmatinya. Cinta adalah hal paling indah tapi juga paling berbahaya yang dimiliki Manusia. Dengannya segala hal yang mustahil menjadi mungkin dan semua yang mungkin menjadi mustahil dilakukan. Bersamanya bisa terjadi perang dan dendam, tapi juga bisa menyatukan dua kubu yang bertentangan.

Mengutip kalimat pengantar di buku ini
”Kisah-kisah yang terus berulang selama peradaban manusia masih ada di muka bumi ini. Selama manusia masih mengenal dan berani untuk mencinta.”

Beranikah Anda membaca dan mencinta?
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,