April 01, 2015

Enter The Magical Realm - Myth




Myth

Istilah myth atau yang sering kita disebut sebagai mitologi tentu sudah akrab di telinga pembaca, terutama bagi penikmat cerita cerita fantasi. Istilah myth ini muncul di abad ke-15 yaitu dari bahasa Prancis pertengahan yaitu mythologie, yang memiliki makna “legendary lore, a telling of mythic legends; a legend, story, tale”

Pada intinya, sebuah cerita dapat dikategorikan myth jika ia berkaitan dengan legenda atau mitos. Hal ini yang membuat mitologi merupakan subgenre fantasi unik yang memiliki penggemar cukup banyak. Karena dengan bersenang senang menikmati sebuah cerita, pembaca juga dapat belajar tentang legenda atau mitos yang seakan akan nyata ada meski itu di masa lalu, atau sebenarnya ada di sekitar kita hanya saja kita tidak pernah secara langsung mengetahui atau mempelajarinya. 

Seringnya, penulis menggabungkan mitologi dengan dunia modern kita saat ini, sehingga membuat pembacanya tidak kesulitan membayangkan jalan cerita dan memahami mitologi yang diselipkan. Banyak cerita cerita anak atau yang bergenre young adult juga menyelipkan mitologi dalam ceritana. Itulah sebabnya menurut saya pribadi tidak hanya antara subgenre tetapi  antar genre pun bisa saja saling tumpang tindih, tinggal sisi mana yang lebih dominan diceritakan oleh penulis.


Sebut saja beberapa penulis cerita fantasi yang ahli dalam mengolah mitologi, ada Neil Gaiman dengan Anansi Boys atau American Gods, lalu Rick Riordan dengan seri Olympusnya.

Tokoh-tokoh dalam mitologi sangat beragam, tetapi pada umumnya berhubungan dengan dewa-dewi, manusia setengah dewa atau manusia yang berkemampuan super.

Di Indonesia juga ada banyak mitologi, di antaranya Dewi Sri (yaitu dewi kesuburan), Lembuswana (yaitu dicirikan sebagai berkepala singa, bermahkota, berbelalai gajah, bersayap Garuda, dan bersisik ikan) dan Kuda sembrani (kuda tunggangan Batara Wisnu)

Mitologi sebenarnya merupakan subgenre fantasi yang masih luas dan cerita-ceritanya pun masih banyak diminati sehingga ada beberapa penghargaan yang memang dikhususkan untuk subgenre ini
Berikut di antaranya :


  • Mythopoeic Fantasy Award (are given by the Mythopoeic Society to authors of outstanding works in the fields of myth, fantasy, and the scholarly study of these areas.)
 (Beberapa buku yang memenangkan penghargaan ini antara lain : Stardust by Neil Gaiman and Charles Vess (1999), Jonathan Strange & Mr. Norrell by Susanna Clarke (2005), The Golem and the Jinni by Helene Wecker (2014))


  • David Gemmell Legend Awards (are for fantasy novels in the traditional, heroic, epic or high genres, or in the spirit of Gemmell's own work)
 (Beberapa buku yang memenangkan penghargaan ini antara lain : Andrzej Sapkowski for Blood of Elves (2009), Graham McNeill for Empire (2010), Mark Lawrence for Emperor of Thorns (2014))

 Mitologi memang sering kita dengar dalam kehidupan sehari -hari, baik lewat cerita orang-orang ataupun lewat novel-novel yang kita baca. Saya sendiri sebenarnya amat menyukai subgenre ini, karena seakan-akan mengupas sejarah masa lalu manusia dan menghubungkannya dengan dunia imajinasi kita. Sayangnya, beberapa novel yang saya baca, seperti seri Nicholas Flammel dan Seri Olympus milik Rick Riordan memiliki banyak tokoh di dalam ceritanya, terlebih serinya panjaaaang sekali, yang jujur saja membuat saya lama kelamaan bosan. Nah, semoga saja ke depannya saya bisa menemukan novel-novel bergenre Mythologi yang bagus untuk saya nikmati. Tanpa perlu seri yang panjangnya kayak kereta sampai menjebol kantong dan ATM saya ._.
Okee, sedikit cerita saya tentang subgenre mitologi ini. Lanjut ke Giveawaynya ya.

Giveaway ini berhadiah novel Cermin Api dan Mimpi karya Divakaruni dan Golem dan Jinni karya Helene Wecker (masing-masing satu buah)




Berikut syarat buat ikutan GA saya ini :

  • Kuis saya buka dari tanggal 1 April jam 09.00 sampai dengan 13 April jam 24.00

  • Silakan jawab pertanyaan pertanyaan di bawah ini, dengan memilih jalan cerita kalian sendiri ;)(Seperti serial Goosebumps, yah kalau kalau kalian pernah membacanya pasti tahu maksud saya xD)

  • Setiap jawaban memiliki jalan cerita yang berbeda. Demikian pula buku yang akan dimenangkan, juga berbeda

  • Pemenang giveaway ini nanti akan saya undi.
  • Setiap peserta boleh mencoba berpuluh kali, tapi tetap saja hanya akan saya hitung sekali saat pengundian.

  • Buku yang berpeluang untuk dimenangkan peserta saat pengundian adalah buku yang pertama kali peserta menangkan saat memilih jalan cerita.
  • Misalnya si A ikut kuis ini, setelah menemukan akhir cerita, ternyata dia memenangkan buku Divakaruni (ini nanti tahunya saat di akhir cerita). Nah meskipun dia ikut main lagi berkali kali dan terpilih memenangkan Golem, namanya hanya tetap saya undi untuk memenangkan buku Divakaruni.

  • Nama Pemenang akan diumumkan pada tanggal 15 April 2015 jam 09.00

  • Jika belum jelas bisa komen di bawah atau mention saya di twitter @alvina13

  • Selamat berpetualang dan semoga kamu memenangkan hadiahnya!
Berikut GiveawayHost lainnya yang bisa kamu kunjungi  ^^


------------------------------------------
Sudah tutup yaa GA nyaa, nantikan pengumuman pemenangnya tanggal 15 April 2015 jam 09.00 ^^
38 komentar on "Enter The Magical Realm - Myth"
  1. Ya ampun mba. Aku mau Golem and Jinni-nya doang. Plis lah.

    BalasHapus
  2. Selamat kamu berkesempatan memenangkan sebuah buku The Golem and The Jinni yaa. Silakan isi form di bawah ini, nanti akan saya undi untuk memilih pemenangnya. Terima kasih telah ikutan, semoga menang :) *

    #gigitjari gak bisa ikutan padahal kuisnya fun

    BalasHapus
  3. wwkkwk, pinjem aja nanti ya Fi, golemnya XD

    @Lina : kamu belum nyoba yang naik helikopter kan?:p

    BalasHapus
  4. Untung dapatnya divakaruni. Emang pengennya itu

    BalasHapus
  5. Ini baru coba main sekali, mbak vin...

    Padahal skenarionya sampai ending ada banyak ya?

    BalasHapus
  6. Asiiiik, moga-moga menang deh :D SFF ngga bisa ikutan ya, sama kayak aku yang pengen ngikut GA Romance tapi gak bisa *nangis dipojokan*

    BalasHapus
  7. Pengen menangin ini..!
    Hehe, makasih buat GA nya..

    BalasHapus
  8. Yeeey. Dapet Gollem~
    *kemudian banjir air mata nggak boleh ikutan GA sesama fantasy*

    BalasHapus
  9. yeeey... aku ikutan ya mbak vin :)

    BalasHapus
  10. Mbaaak ini giveaway-nya lucu banget. Gimana sih cara bikin form gdocs jadi macam gini? Ih aku kudet. XD

    BalasHapus
  11. Dapat Gollem,. Unik GA-nya, kak.. :)

    BalasHapus
  12. Alvinaaa.. keren banget giveawayanyaaaa :D

    BalasHapus
  13. @ as dewi : iya nih, lumayan banyak yg nyari buku ini jugaak :p

    @ mba threez : iyaa, ada berapa ya mbaak. ada ending sejumlah sepuluh lebih pokoknya XD

    @nina : aduh aku blm bw ke yg romance *kunyah kabel modem

    @priskila : makasih yaaa udah ikutan :)

    BalasHapus
  14. Yessssss dapaet Golemn >< GA nya keren :)

    BalasHapus
  15. @ dion dan kango : *puk puk*

    @ hani : makasih yaaa

    @ayu : ini pake form biasaa kok. cuma bikin buanyaak pertanyaannya dan saling dihubungkan XD

    @nanda : makasiih :))

    @ siro : waaahha si golem laris manis. semoga menang yaaa

    @ lunaa: Kamu dpt golem ya????? :)))) *kejungkel liat responses

    BalasHapus
  16. Aku udah ikutaaaaaan!
    Dapet jalan menuju Golem & Jinni \(´▽`)/
    Semoga undiannya berpihak padaku, aamiin~
    Hehe

    Terima kasih buat giveaway-nya! :)

    BalasHapus
  17. Horeee... Dapat Golem n Jinni

    Itu, Divakaruni-nya fantasy? Inget Palace of Illusions @_@

    BalasHapus
  18. Aku dapet golem and jinni mbak. Kasih ke daku juga lah mbak. Wes, tanda mata aja ae. Langsung kirim *pasang mata unyu ala anjing*

    BalasHapus
  19. Keren GA nya, semoga menang hihi. Thanks GA nya :D

    BalasHapus
  20. Selamat kamu berkesempatan memenangkan sebuah buku Divakaruni yaa. Silakan isi form di bawah ini, nanti akan saya undi untuk memilih pemenangnya. Terima kasih telah ikutan, semoga menang :)

    Wah, GAnya beda :)

    BalasHapus
  21. GA-nya seru!
    dapet yang mana pun nggak masalah. karena aku sudah memilih jalanku. *lebay*

    BalasHapus
  22. Myth kayanya lebih ke elemennya ya, nantinya bisa masuk subgenre yg lain juga

    BalasHapus
  23. mitos masih menjadi hal yang menarik di Indonesia. seharusnya hal seperti ini jadi lahan subur bagi penulis Indonesia, agar menulis cerita yang berbau mitos. pasti laku deh, hehe

    BalasHapus
  24. Dua kali ikutan, dan dua kali dapat Golem sama Jinni. Tampaknya saya memang ditakdirkan untuk membatja buku itu, dan mungkin kesempatan itu datang dari blog ini :3 #tsah #edisi-percaya-pertanda xD

    BalasHapus
  25. Kereeeen mak... Sederhana tapi mengasyikan jadi pengen coba lagi dan lagi #loh # eh

    BalasHapus
  26. ih kok aku g sampe ke ending? cuma pilih mau baca buku YA judulnya apa lalu your responses has been record XD

    BalasHapus
  27. Semoga dapat buku Divakaruni nya.. :3

    Thank you :D

    BalasHapus
  28. Aku ikutan giveawaynya yaaa.... ahaha, seru GA nya, dan aku berkesempatan memenangkan The Golem and the Jinni... yess, semoga bisa beruntung,

    terima kaih giveawaynya ^_^

    BalasHapus
  29. giveawaynya seru :D
    buku mitologi memang biasanya serinya panjang ya *lirik dompet*

    BalasHapus
  30. Kisah mitologi emang seru kak >,< tapi nggak sedikit kisah mitologi yang berseri sampai kita harus ngeluarin uang lebih banyak buat beli semua serinya >,< tapi mau diapalagi kalau udah penasaran? Hoho Giveawaynya seruuu dan aku udah ikutan Giveaway nya dan dapat The Golem and the Jinni ^^ semoga beruntung >,< dan buat Bebi, bakpao selusinnya tadi jangan dihabisin sendirian ya, kita bagi dua ;p

    BalasHapus
  31. seru banget giveaway-nya! beda sama yang lain hehe. aku dapat The Golem and The Jinni. wish me luck! >_<

    BalasHapus
  32. Dapet Divakaruni, moga dapet XD GA-nya lutju!

    BalasHapus
  33. Ihiiy terima kasih ya yang udah ikutaaan. Semoga menaaang ^^

    BalasHapus
  34. Yes aku berkesempatan menangis Golem & Jinny :))

    Keren kali mba alv gievawaynya >.<

    BalasHapus
  35. makasih ziyy dan mayaa. Semoga menang yaa XD

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,